GALAXI_BMS23. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 25 Agustus 2015

CARA AKSES MIKROTIK

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa cara mengakses Mikrotik yang menggunakan beberapa fitur aplikasi yang cukup mudah kita dapatkan. Hitung-hitung untuk menambah wawasan kita di jaringan komputer saya rasa tidak ada salahnya kalau kita setapak demi setapak untuk mempelajari mikrotik.

1. Via Command Mikrotik.

Cara mengakses Mikrotik langsung  via Command Mikrotik, yaitu dengan memasukkan alamat IP Mikrotik ke dalam kolom Host Name yang terdapat di PuTTY.

Gunakan Auto Complete (mirip bash auto complete di linux) Tekan Tombol TAB untuk mengetahui daftar perintah selanjutnya. Jadi perintah yang panjang tidak perlu kita ketik lagi, cukup ketikkan awal perintahnya saja, lalu tekan TAB maka secara otomatis Shell  akan menampilkan dan melengkapi daftar perintah yang kita inginkan.

ketikkan IP Fir > lalu tekan TAB  > maka otomatis  shell akan melengkapi menjadi IP Firewall. Lalu ketik “..” (titik dua) untuk kembali ke sub menu diatasnya, dan ketik “/“ untuk kembali ke root menu.

Untuk Download Putty silahkan klik disini

2. Via Web Browser

Sebagai contoh untuk mengakses Mikrotik via web/port 80 pada browser coba ketik di browser IP mikrotik kita: 192.168.1.10.


3. Via Winbox

Winbox merupakan tool untuk remote Mikrotik yang paling populer karena selain mudah juga dapat menampilkan menu-menu pada Mikrotik secara GUI. Tampilan awal mengaktifkan winbox seperti ini : 



Syarat Winbox bisa mendeteksi mikrotik yang sudah di install apabila keduanya dalam satu network, yaitu dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik. Untuk bisa mengakses mikrotik menggunakan winbox bisa dengan menggunakan IP Address Mikrotik maupun MAC Address nya.


Untuk Download Winbox silahkan klik “disini”

4.    Via Telnet



Kita dapat me-remote MikroTik menggunakan telnet melalui program aplikasi ”command prompt” (cmd) yang ada pada windows yang fitur Telnet nya sudah diaktifkan. Namun, penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan karena masalah keamanannya.


Coba lihat contoh berikut :


Demikianlah artikel 4 cara dalam mengakses Mikrotik saya persembahkan buat teman-teman seperjuanganku yang tidak hentinya untuk belajar dan saling berbagi. Salam sukses selalu. 

Ditulis Oleh : Unknown // 10.53
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar