GALAXI_BMS23. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 08 Agustus 2015

PERANGKAT BANTU JARINGAN KOMPUTER

Pada penjelasan ini hanya meliputi perangkat keras yang digunakan sebagai perangkat bantu jaringan komputer. Secara umum perangkat-perangkat keras tersebut adalah :

1. Network Interface Card (NIC).



Perangkat keras jaringan komputer ini dikenal dengan istilah Ethernet Card / LAN Card. NIC merupakan kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan. Umumnya NIC ini sudah terintegrasi dengan motherboard PC dan Laptop, namun ada juga berupa kartu (Card) yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan majunya perkembangan ilmu teknologi, ada yang berupa USB.

2. Router.



Fungsi Router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya.

3. Modem.



Modulator Demodulator (MoDem) adalah perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital.

4.  Hub.



Hub adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Biasanya perangkat keras jaringan ini digunakan untuk membangun topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.

5. Switch.



Sebenarnya fungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.

6. Bridge.



Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

7. Repeater.



Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

Ditulis Oleh : Unknown // 01.34
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar